Rabu, 28 Juli 2010

PERCAKAPAN POSITIF

Percakapan positif sangat bermanfaat!

Penguatan lebih dari sekadar kata-kata. Penguatan dapat menyembuhkan luka batin, membangun citra diri, dan mendorong kita untuk menghadapi kehidupan dengan percaya diri dan penuh semangat. Di dunia yang dipenuhi oleh stres, tekanan, dan ketakutan, anak-anak membutuhkan dukungan dan dorongan semangat dari orang-orang dewasa—dan mereka perlu mengetahui cara memperkuat diri mereka sendiri.

Anda memiliki suatu pengaruh besar terhadap "percakapan pribadi" anak-anak yang ada dalam hidup Anda. Positif atau negatifkah pengaruh tersebut? Membantu atau malah melukai? Memperkuat atau membatasi? Apakah anak-anak yang berada di bawah pengasuhan Anda berkata kepada diri mereka sendiri dengan "suara ya" (positif, spontan, kreatif, dan penuh sukacita) atau dengan "suara tidak" (negatif, cemas, penuh kritik, dan malu-malu)?

Edisi klasik yang bagus dan telah direvisi serta diperbarui ini menjadikan kata-kata penguatan mudah untuk dipahami, diajarkan, dan digunakan. Douglas Bloch membawa Anda selangkah demi selangkah melalui proses untuk memimpin anak-anak memadamkan "suara tidak" di dalam diri mereka dan mengaktifkan "suara ya" yang bermanfaat. Anak-anak mempelajari kata-kata penguatan dari berbagai macam keadaan dan tantangan: sekolah dan akademik, olahraga, menghadapi ketakutan, merasa marah, diolok-olok, merasa tertekan, dan lebih banyak lagi. Ada kata-kata penguatan untuk tahapan usia tertentu (mulai dari masa bayi sampai remaja) dan untuk kebutuhan-kebutuhan khusus termasuk mempelajari perbedaan, kelainan perilaku, dan persoalan keluarga.

Karena tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai menggunakan percakapan pribadi yang positif, Bloch juga menyertakan kata-kata penguatan untuk membantu Anda menangani permasalahan Anda sendiri

1 komentar: